Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang di produksi Microsoft Corporation Amerika Serikat.
Fungsi dari microsoft excel adalah menyelesaikan permasalahan fungsi matematika, statistika, logika, dan menampilkan grafik yang berasal dari data angka. Nama lain dari aplikasi pengolah angka adalah spreed sheet.Sebelum mengaktifkan Microsoft Excel terlebih dahulu software harus di instal pada komputer kita, setelah itu langkah selanjutnya adalah mengaktifkan program tersebut.
Cara mengaktifkan Microsoft Excel ada dua cara, yang pertama dengan klik pada shortcut pada desktop, dan yang kedua dari start.
Langkah - langkah mengaktifkan Microsoft Excel melalui start :
1. Klik start
2. Pilih program
3. Klik Microsoft Excel
4. Tunggu sebentar samapai terbuka lembar kerja Microsoft Excel seperti gambar 1.1 berikut :

Secara default, tampilan lembar kerja program Microsoft Excel terdiri atas Title Bar, Menu Bar, Tool Bar, dan Task Pane.
Title Bar atau di sebut juga baris judul adalah suatu tenda atau indikator yang menginformasikan nama file yang sedang di kerjakan atau dsedang aktif.
Selain nama fle pada pojok kanan atas terdapat tombol yang berfungsiuntuk menampilkan atau menyembunyikan jendela program, dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize/Restore, dan Close.
Menu Bar berisi serangkaian perintah yang dalamnya terdapat sub – sub perintah sesuai kategorinya.
Tool Bar berisi tombol – tombol yang berisi senagai alternatif penggunaan perintah yang sering di gunakan
Task Pane merupakan fasilitas yang berisi rangkuman perintah yang sering perintah yang sering digunakan dalam pengeditan dokumen.
Mengenal Bagian Dokumen / Interface
• Office Button terdiri atas perintah New Document, Open, Convert, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.
• Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah.
• Menu Bar, terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007 yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.
• Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.
• Tool Bar, tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
• Tombol Ukuran, digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja.
• Name Box, Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box.
• Formula Bar, anda bisa mengedit data pada sebuah sel.
• Sel Aktif, tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.
• Column, Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD.
• Baris, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1 hingga 1048576.
• Tab Worksheet, perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah.
• Insert Worksheet, dengan menekan Insert Worksheet anda bisa membuat Worksheet baru yang letaknya berurutan dengan Worksheet sebelumnya.
• Status Bar, Status lembar kerja anda.
• Document Area, merupakan lembar kerja yang aktif.
• Horizontal Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan.
• Vertical Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
• Tampilan Layar, terdiri dari perintah untuk merubah tampilan layar. Terdiri dari Tampilan Normal, Tampilan Page Layout dan Tampilan Page Break Preview.
• Zoom, perintah untuk memperbesar & memperkecil tampilan pada lembar kerja anda.
Mengenal Elemen Jendela Word
1. Menu Bar
Berisi sederetan menu yang dapat digunakan, dimana setiap menu mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Edit, akan mempunyai sub menu yang berhubungan dengan edit data, begitu juga dengan menu yang lainnya. Standarnya menu bar terdiri dari : Home – Insert – Page Layout – Formulas – Data - Review – View.
1.1. Home
• Clipboard
o Paste : Menempelkan hasil perintah cut/copy yang ada di clipboard
o Cut : Memindahkan bagian yang ditandai ke clipboard
o Copy : Menyalin ke clipboard
o Format Painter : Melakukan copy format
• Font
o Font Selection : Mengganti jenis huruf
o Font Size : Mengatur ukuran huruf
o Increase/Decrease Font : Menaikkan dan menurunkan ukuran font satu tingkat
o Bold, Italic, Underline : Menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi teks
o Border : Membuat garis bingkai sel
o Fill : Mewarnai sel
o Color : Mewarnai huruf
• Alignment
o Vertical Alignment : Mengatur posisi teks secara vertikal pada sel. Atas, tengan, dan bawah
o Perataan teks : Mengatur perataan teks, kiri, tengah, dan kanan
o Indent : Menambah dan mengurangi inden teks
o Teks Orientation : Mengubah kemiringan teks
o Merge Cell : Menggabungkan sel
o Page Break : Mengatur pemisah halaman
• Number
o Format Cell : Pengaturan jenis penulisan angka
o Currency : Format angka untuk mata uang
o Persen : Format angka persen
o Comma : Mengubah nilai koma ribuan
o Increase/Decrease Decimal : Menambah dan mengurangi nilai desimal
• Style
o Conditional Formatting : Melakukan format terkondisi
o Format as Table : Membuat format tabel cepat
o Cell Styles : Membuat format sel secara cepat
• Cells
o Insert : Memasukkan sel baru
o Delete : Menghapus sel
o Format : Melakukan format sel
• Editing
o Sum : Melakukan penghitungan
o Fill : Membuat pola angka secara kontinu
o Clear : Menghapus semuanya dari sel, nilai, hingga format
o Sort & Filter : Mengatur data agar mudah dianalisis
o Find & Select : Mencari dan menyeleksi teks dalam lembar kerja
1.2. Insert
• Tables
o Pivot Table : Memasukkan tabel pivot
o Table : Memasukkan tabe
• Ilustrations
o Picture : Menambahkan gambar pada worksheet
o Clip Art : Menambahkan gambar clipart pada worksheet
o Shapes : Menambahkan gambar bentuk tertentu
o Smart Art : Memasukkan objek smartart
• Chart
o Coloumn : Memasukkan grafik kolom
o Line : Memasukkan grafik garis
o Pie : Memasukkan grafik pie
o Bar : Memasukkan grafik batang
o Scatter : Memasukkan grafik distribus
o Other Chart : Memasukkan grafik lainnya
• Link
o Hyperlink : Memasukkan hyperlink pada worksheet
• Text
o Textbox : Memasukkan kotak teks
o Header & Footer : Memasukkan header dan footer
o WordArt : Memasukkan teks dekoratif
o Signature Line : Memasukkan garis tanda tangan
o Object : Memasukkan objek
o Symbol : Memasukkan simbol
1.3. Page Layout
• Themes
o Theme : Mengubah tema tampilan excel
o Color : Mengubah warna tema
o Font : Mengubah jenis font tema
o Effect : Mengubah efek tema
• Page Setup
o Margin : Mengubah margin halaman
o Orientation : Mengubah orientasi halaman
o Size : Mengubah ukuran kertas
o Print Area : Menentukan area tertentu untuk proses cetak
o Breaks : Menentukan pemisah halaman
o Background : Menentukan gambar untuk latar
o Print Title : Menentukan baris atau kolom yang dicetak pada setiap halaman
• Scale to Fit
o Width : Menentukan lebar hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
o Height : Menentukan tinggi hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
o Scale : Memperbesar atau memperkecil hasil cetak sesuai persentase Ukuran
• Sheet Option
o Gridlines : Mengatur tampilan garis grid di layar dan di hasil cetakan
o Heading : Mengatur tampilan header di layar dan di hasil cetakan
• Arrange
o Bring to Front : Objek ke depan
o Send to Back : Objek ke belakang
o Selection Pane : Memperlihatkan panel seleksi objek
o Align : Meluruskan objek
o Group : Mengelompokkan objek
o Rotate : Melakukan rotasi objek
1.4. Formulas
• Function Library
o Insert Function : Memasukkan fungsi formula
o Autosum : Melakukan penghitungan cepat
o Recently Used : Memasukkan fungsi yang pernah digunakan
o Financial : Memasukkan fungsi keuangan
o Logical : Memasukkan fungsi logik
o Text : Memasukkan fungsi teks
o Date & Time : Memasukkan fungsi waktu
o Lookup & Reference : Memasukkan fungsi lookup dan referensi
o More Function : Memasukkan fungsi lainnya
• Defined Name
o Name Manager : Membuat, mengubah, dan mencari nama yang digunakan dalam workbook
o Define Name : Memberikan nama bagi sel
o Use in Formula : Memilih nama yang digunakan pada workbook dan menggunakannya pada formula
o Create From Selection : Membuat nama sel secara otomatis
• Formula Auditing
o Trace Precedent : Memperlihatkan panah pada sel lain yang memengaruhi nilaisel ini
o Trace Dependent : Memperlihatkan panah pada sel lain yang dipengaruhi nilaisel ini
o Remove Arrows : Menghilangkan panas yang dibuat oleh tracer
o Show Formulas : Memperlihatkan formula setiap sel
o Error Checking : Memeriksa formula yang salah
o Evaluate Formula : Memperlihatkan kotak dialog evaluasi formula
o Watch Window : Mengawasi nilai beberapa sel saat dilakukan perubahan pada lembar kerja
• Calculation
o Calculation : Menentukan kapan kalkulasi dilakukan
o Calculate Now : Melakukan kalkuasi semua workbook sekarang
o Calculate Sheet : Melakukan kalkulasi sheet sekarang
1.5. Data
• Get External Data
o From Access : Memasukkan data dari MS Access
o From Web : Memasukkan data dari web
o From Text : Memasukkan data dari teks
o From Other Sources : Memasukkan data dari sumber lain
o Existing Connection : Memasukkan data dari sumber yang pernah digunakan
• Connections
o Refresh All : Menyegarkan kembali data yang diambil dari sumber
o Connection : Memperlihatkan semua koneksi data pada workbook
o Properties : Melakukan spesifikasi koneksi data pada workbook
o Edit Link : Mengatur koneksi data dari file lain
• Sort & Filter
o Sort A to Z : Mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar
o Sort Z to A : Mengurutkan data dari yang terbesar ke terkecil
o Sort : Memunculkan kotak dialog pengurutan
o Filter : Melakukan penyaringan terhadap sel
o Clear : Menghapus penyaringan pada sel
o Reapply : Melakukan kembali penyaringan
o Advanced : Melakukan penyaringan spesifik
• Data Tools
o Text to Coloumn : Memisahkan isi sel menjadi beberapa kolom
o Remove Duplicates : Menghilangkan baris terduplikasi
o Data Validation : Mencegah data yang tidak valid masuk ke sel
o Consolidation : Menyatukan nilai beberapa range ke dalam satu range
o What-If Analysis : Mencoba beberapa nilai pada formula
• Outline
o Group : Mengelompokkan baris sel sehingga mereka dapat memendekdan memanjang
o Ungroup : Memisahkan sel yang mengelompok
o Subtotal : Menghitung total beberapa baris data yang berhubungan
1.6. Review
• Proofing
o Spelling : Memeriksa ejaan teks
o Research : Membuka panel penelitian referensi
o Thesaurus : Saran kata yang sepadan
o Translate : Menerjemahkan kata ke bahasa lain
• Comments
o Comment : Memasukkan komentar baru
o Delete : Menghapus komentar
o Previous : Memperlihatkan komentar sebelumnya
o Next : Memperlihatkan komentar selanjutnya
o Show/Hide Comment : Memperlihatkan atau menyembunyikan komentar
o Show All Comments : Perlihatkan semua komentar
o Show Ink : Memperlihatkan keterangan tinta pada lembar kerja
• Changes
o Protect Sheet : Melindungi lembar kerja
o Protect Workbook : Melindungi buku kerja
o Share Workbook : Berbagi buku kerja
o Protect and Share Workbook : Melindungi dan berbagi buku kerja
o Allow Users to Edit Ranges : Memperbolehkan pengguna mengubah data
o Track Changes : Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
1.7. View
• Workbook Views
o Normal : Melihat dokumen secara normal
o Page Layout : Melihat dokumen sesuai hasil cetak
o Page Break Preview : Melihat tampilan dokumen beserta pemotongan setiaphalaman
o Custom Views : Menyimpan seting tampilan dan hasil cetak
o Full Screen : Melihat dokumen dalam mode layar penuh
• Show/Hide
o Ruler, Gridlines, Message Bar, Formula Bar, Heading : Memperlihatkan penggaris, garis kisi, batang pesan,batang formula, dan heading
• Zoom
o Zoom : Memperbesar tampilan100% : Besar tampilan 100%
o Zoom to Selection : Memperbesar tampilan sesuai bidang seleksi
• Window
o New Window : Membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumen Tersebut
o Arrange All : Mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
o Freeze Pane : Membuat sebagian lembar kerja terlihat dan lainnyaMenggulung
o Split : Membagi jendela menjadi beberapa penel yang memperlihatkanlembar kerja Anda
o Hide : Menyembunyikan jendela terseleksi
o Unhide : Memunculkan jendela tersembunyi
o View Side by Side : Memperlihatkan jendela berdampingan
o Synchronous Scrolling : Membuat dua jendela menggulung bersamaan
o Reset Window Position : Menset ulang posisi jendela berdampingan
o Save Wokspace : Menyimpan pengaturan tampilan jendela sehingga dapat dibuka kembali dengan tampilan yang sama
o Switch Windows : Berganti jendela yang aktif
• Macros
o View Macros : Memperlihatkan macro dokumen
FORMULA :
A. ACCOUNTING
1. Penjumlahan : Gunakan tanda (+)
=Cell A + Cell B
Atau
=Sum (number1,number2,...)
2. Pengurangan : Gunakan tanda ( - )
=Cell A - Cell B
3. Perkalian : Gunakan tanda (*)
=Cell A * Cell B
4. Pembagian : Gunakan tanda ( / )
=Cell A / Cell B
5. Pangkat : Gunakan Tanda ( ^ )
=Cell A ^ Cell B
6. Pangkat : =SQRT(number)
7. Nilai Rata2 : =AVERAGE(number1,number2,...)
8. Nilai Tertinggi : =MAX(A1:C3)
Note: (A1:C3) block dari A1 sampai C3
9. Nilai Minimal : =MIN(A1:C3)
Note: (A1:C3) block dari A1 sampai C3
Fungsi Sintaks
1. Nilai Rata2 : =AVERAGEA(number1,number2,...)
Note:karakter selain angka akan di buat (nol)
2. Nilai Tertinggi : =MAXA(A1:C3)
Note: Krakter selain angka akan di hitung
3. Nilai Minimal : =MINA(A1:C3)
Note: Krakter selain angka akan di hitung
4. Modus : =MODE(number1,number2,...)
Note: jika modus ada dua angka maka modus pertama yang akan muncul
B. LOOKUP
1. VLOOKUP
=VLOOKUP(kode_kunci,range_label,indeks_kolom)
2. HLOOKUP
=HLOOKUP(kode_kunci,range_label,indeks_kolom)
C. TEXT
=upper (A1) maksudnya membuat seluruh data yang ada di A1 menjadi huruf kapital
=lower (A1) maksudnya membuat seluruh data yang ada di A1 menjadi huruf kecil
=proper (A1) maksudnya membuat seluruh data yang ada di A1 setiap awal katanya menjadi
huruf kapital
=len (A1) maksudnya menghitung jumlah karakter huruf yang ada di A1
=left (A1;3) maksudnya mengambil huruf yang ada disebelah kiri sebanyak 3 karakter yang berada di A1
=right (A1;3) maksudnya mengambil huruf yang ada disebelah kanan sebanyak 3 karakter yang berada di A1
=mid (A1;6;7) maksudnya mengambil pertengahan huruf yang ada di A1, dimana awal kata awal kata yang akan diambil berada diposisi 6, sedangkan jumlah karakter yang diambil berjumlah 7 karakter huruf.
=rept (A1;5) mengulang kata yang ada di A1 sebanyak 5 kali
=concatenate (A6;A7) menggabungkan kata yang ada di A6 dengan yang ada di A7
=replace (A1;6;4;”bati”) mengganti kata lama yang ada di A1, dimana awal kata yang akan
Diganti berada di posisi 6 dan jumlah karakternya 4, serta kata barunya “bati”
D. LOGICAL
1. =IF(kondisi_yang_di_ujikan,nilai_jika_benar,nilai_jika_salah)
EXAMPLE : =IF(A2>0,”POSITIF”,”NEGATIF”)
2. FUNGSI IF BERCABANG
=IF(nilai_yang_diuji_”nilai_jika_benar”,”nilai_jika_salah”,(“IF(PERCABANGAN”))
EXAMPLE : =IF(B2=A,”sangat baik”,IF(B2=B,”cukup”,”kurang”)
3. FUNGSI LOGIKA “AND”
=IF(AND(D8,B8,F8),”LOLOS”,TIDAK LOLOS”))
4. FUNGSI LOGIKA “OR”
=IF(OR(D8>=17,E8=”MENIKAH”),”MEMILIH”,”TIDAK”)
E. STATISTICAL
TIPS DAN TRIK DI EXCEL
Shortcut Microsoft Excel yang perlu anda ketahui:
Cara pintas tombol kombinasi CTRL
Kunci Keterangan
CTRL + SHIFT + (Unhides lagi baris tersembunyi di dalam pemilihan.
CTRL + SHIFT +) Unhides setiap kolom tersembunyi di dalam pemilihan.
CTRL + SHIFT + & Berlaku garis perbatasan ke sel yang dipilih.
CTRL + SHIFT_ Menghapus garis perbatasan dari sel-sel yang dipilih.
CTRL + SHIFT + ~ Berlaku Umum format angka.
CTRL + SHIFT + $ Berlaku format mata uang dengan dua tempat desimal (angka negatif dalam tanda kurung).
CTRL + SHIFT + Berlaku% Persentase format tanpa desimal.
CTRL + SHIFT + ^ Berlaku format angka eksponensial dengan dua tempat desimal.
CTRL + SHIFT + # Berlaku format Date dengan hari, bulan, dan tahun.
CTRL + SHIFT + @ Berlaku format Time dengan jam dan menit, dan AM atau PM.
CTRL + SHIFT +! Berlaku format Nomor dengan dua tempat desimal, pemisah ribuan, dan tanda minus (-) untuk nilai negatif.
CTRL + SHIFT + * Memilih daerah saat ini sekitar sel yang aktif (area data tertutup oleh baris kosong dan kolom kosong).
Dalam laporan PivotTable, itu memilih seluruh PivotTable.
CTRL + SHIFT +: Memasuki waktu sekarang.
CTRL + SHIFT + “Salinan nilai dari sel di atas sel yang aktif ke dalam sel atau Formula Bar.
CTRL + SHIFT + Plus (+) Menampilkan kotak dialog Insert untuk menyisipkan sel kosong.
CTRL + Minus (-) Menampilkan kotak dialog Hapus untuk menghapus sel yang dipilih.
CTRL +; Memasuki tanggal saat ini.
CTRL + `ubah antara menampilkan nilai sel dan menampilkan formula dalam worksheet.
CTRL + ‘Salinan rumus dari sel di atas sel yang aktif ke dalam sel atau Formula Bar.
CTRL 1 Menampilkan kotak dialog Format Cells.
CTRL 2 Berlaku atau menghapus format huruf tebal.
CTRL Berlaku 3 atau menghapus format miring.
4 CTRL Berlaku atau menghapus menggarisbawahi.
Berlaku 5 CTRL atau menghapus strikethrough.
CTRL 6 alternatif antara objek bersembunyi, menampilkan objek, dan penampung untuk menampilkan objek.
CTRL 8 Menampilkan atau menyembunyikan simbol garis.
CTRL 9 Jangat baris yang dipilih.
CTRL 0 Jangat kolom yang dipilih.
CTRL + A Memilih seluruh worksheet.
Jika worksheet berisi data, CTRL + A memilih daerah saat ini. Menekan CTRL + A untuk kedua kalinya memilih wilayah saat ini dan ringkasan yang baris. Menekan CTRL + A untuk ketiga kalinya memilih seluruh worksheet.
Ketika titik penyisipan adalah di sebelah kanan nama fungsi dalam rumus, menampilkan kotak dialog Argumen Fungsi.
CTRL + SHIFT + A menyisipkan argumen nama dan tanda kurung pada saat titik penyisipan adalah di sebelah kanan nama fungsi dalam rumus.
CTRL + B Berlaku atau menghapus format huruf tebal.
CTRL + C Copy sel terpilih.
CTRL + C diikuti oleh yang lain CTRL + C menampilkan Clipboard.
CTRL + D Menggunakan Down Isi perintah untuk menyalin isi dan format sel paling atas dari kisaran yang dipilih ke dalam sel di bawah ini.
CTRL + F Menampilkan Cari dan Ganti kotak dialog, dengan Cari tab yang dipilih.
SHIFT + F5 juga menampilkan tab ini, sementara SHIFT + F4 mengulangi tindakan Cari terakhir.
CTRL + SHIFT + F membuka kotak dialog Format Cells Font dengan tab yang dipilih.
CTRL + G Menampilkan kotak dialog Go To.
F5 juga akan menampilkan kotak dialog ini.
CTRL + H Menampilkan Cari dan Ganti kotak dialog, dengan tab Ganti dipilih.
CTRL + I Berlaku atau menghapus format miring.
CTRL + K Menampilkan kotak dialog Hyperlink Insert untuk hyperlink baru atau Edit kotak dialog Hyperlink untuk hyperlink yang ada dipilih.
CTRL + N Membuat buku kerja, baru kosong.
CTRL + O Menampilkan dialog box Open untuk membuka atau mencari file.
CTRL + SHIFT + O memilih semua sel yang berisi komentar.
CTRL + P Menampilkan kotak dialog Print.
CTRL + SHIFT + P membuka kotak dialog Format Cells Font dengan tab yang dipilih.
CTRL + R Isi Hak Menggunakan Perintah untuk menyalin isi dan format sel paling kiri dari rentang yang dipilih ke dalam sel ke kanan.
CTRL + S Menyimpan file dengan nama file yang aktif saat ini, lokasi, dan format file.
CTRL + T Menampilkan kotak dialog Buat Tabel.
CTRL + U Berlaku atau menghapus menggarisbawahi.
CTRL + SHIFT + U switch antara memperluas dan runtuh formula bar.
CTRL + V Menyisipkan isi Clipboard pada titik penyisipan dan menggantikan seleksi apapun. Tersedia hanya setelah Anda dipotong atau disalin objek, teks, atau isi sel.
CTRL + ALT + V menampilkan kotak dialog Paste Special. Tersedia hanya setelah Anda dipotong atau disalin objek, teks, atau isi sel pada lembar kerja atau pada program lainnya.
CTRL + W Menutup jendela workbook yang dipilih.
CTRL + X Cuts sel yang dipilih.
CTRL + Y Mengulang dari perintah terakhir atau tindakan, jika memungkinkan.
CTRL + Z Menggunakan perintah Undo membalikkan perintah terakhir atau untuk menghapus entri terakhir yang Anda ketik.
CTRL + SHIFT + Z menggunakan perintah Undo atau Redo untuk membalikkan atau mengembalikan koreksi otomatis terakhir ketika AutoCorrect Smart Tag akan ditampilkan.
Top Top Halaman dari Page
Fungsi tombol
Kunci Keterangan
F1 Menampilkan Microsoft Office Excel Bantuan task pane.
CTRL + F1 menampilkan atau menyembunyikan Ribbon, sebuah komponen user interface Microsoft Office Fluent.
ALT + F1 membuat grafik data dalam kisaran saat ini.
ALT + SHIFT + F1 menyisipkan lembar kerja baru.
F2 Edit sel aktif dan posisi titik penyisipan pada akhir isi sel. Hal ini juga menggerakkan titik penyisipan ke dalam Formula Bar saat mengedit di sel dimatikan.
SHIFT + F2 menambah atau mengedit komentar sel.
CTRL + F2 menampilkan jendela Print Preview.
Nama F3 Menampilkan kotak dialog Paste.
SHIFT + F3 menampilkan kotak dialog Sisipkan Fungsi.
F4 Mengulang perintah terakhir atau tindakan, jika memungkinkan.
CTRL + F4 menutup jendela workbook terpilih.
F5 Menampilkan kotak dialog Go To.
CTRL + F5 mengembalikan ukuran jendela jendela workbook yang dipilih.
F6 Switch antara worksheet, Pita, task pane, dan kontrol Zoom. Dalam sebuah lembar kerja yang telah dilakukan pemecahan (menu View, Mengelola ini Window, Freeze Panes, Split Window perintah), F6 termasuk panel membagi bila beralih antara panel dan daerah Pita.
SHIFT + F6 switch antara worksheet, kontrol Zoom, task pane, dan Pita.
CTRL + F6 beralih ke jendela workbook berikutnya ketika jendela lebih dari satu workbook terbuka.
F7 Menampilkan kotak dialog Spelling untuk memeriksa ejaan dalam worksheet aktif atau kisaran yang dipilih.
CTRL + F7 melakukan Pindahkan perintah pada jendela workbook jika tidak dimaksimalkan. Gunakan tombol panah untuk memindahkan jendela, dan ketika selesai tekan ENTER, atau ESC untuk membatalkan.
Ternyata F8 memperpanjang atau menonaktifkan modus. Dalam modus memperpanjang, Extended Seleksi muncul di baris status, dan tombol panah memperpanjang pemilihan.
SHIFT + F8 memungkinkan Anda untuk menambahkan sel nonadjacent atau jangkauan untuk pilihan sel dengan menggunakan tombol panah.
CTRL + F8 melakukan perintah Ukuran (pada menu kontrol untuk jendela workbook) ketika workbook tidak dimaksimalkan.
ALT + F8 menampilkan kotak dialog Macro untuk membuat, menjalankan, mengedit, atau menghapus makro.
F9 Menghitung semua lembar kerja dalam semua workbook yang terbuka.
SHIFT + F9 menghitung lembar kerja aktif.
CTRL + ALT + F9 menghitung semua lembar kerja dalam semua workbook yang terbuka, terlepas dari apakah mereka telah berubah sejak perhitungan terakhir.
CTRL + ALT + SHIFT + F9 memeriksa ulang formula tergantung, dan kemudian menghitung semua sel di semua workbook yang terbuka, termasuk sel tidak ditandai sebagai yang perlu dihitung.
CTRL + F9 meminimalkan jendela workbook untuk ikon.
Ternyata tips tombol F10 atau menonaktifkan.
SHIFT + F10 menampilkan menu shortcut untuk item yang dipilih.
ALT + SHIFT + F10 menampilkan menu atau pesan untuk smart tag. Jika lebih dari satu tag cerdas hadir, tombol untuk mengganti tag cerdas berikutnya dan menampilkan menu atau pesan.
CTRL + F10 memaksimalkan atau mengembalikan jendela workbook yang dipilih.
F11 Membuat grafik data dalam kisaran saat ini.
SHIFT + F11 menyisipkan lembar kerja baru.
ALT + F11 untuk membuka Microsoft Visual Basic Editor, di mana Anda dapat membuat makro dengan menggunakan Visual Basic for Applications (VBA).
F12 Menampilkan kotak dialog Save As.
Top Top Halaman dari Page
Lain tombol pintas berguna
Kunci Keterangan
PANAH KUNCI Pindah satu sel ke atas, bawah, kiri, atau kanan dalam lembar kerja.
CTRL + PANAH KUNCI bergerak ke tepi daerah data saat ini (daerah data: Sebuah kisaran sel yang berisi data dan yang dibatasi oleh sel kosong atau perbatasan datasheet.) Di lembar kerja.
SHIFT + PANAH KUNCI memperluas seleksi sel dengan satu sel.
CTRL + SHIFT + PANAH KUNCI memperluas seleksi sel ke sel nonblank terakhir dalam kolom yang sama atau baris sebagai sel aktif, atau jika sel berikutnya adalah kosong, memperluas pilihan ke sel nonblank berikutnya.
PANAH KIRI atau KANAN PANAH memilih tab ke kiri atau kanan ketika Pita dipilih. Ketika sebuah submenu terbuka atau dipilih, tombol panah ini beralih di antara menu utama dan submenu. Ketika sebuah tab Pita dipilih, tombol-tombol navigasi tombol tab.
DOWN ARROW UP ARROW atau memilih perintah selanjutnya atau sebelumnya bila menu atau submenu terbuka. Ketika sebuah tab Pita dipilih, tombol-tombol navigasi atas atau bawah kelompok tab.
Dalam kotak dialog, tombol panah bergerak di antara pilihan dalam daftar drop-down terbuka, atau antara pilihan dalam kelompok pilihan.
DOWN ARROW, atau ALT + DOWN ARROW membuka daftar drop-down yang dipilih.
BACKSPACE Menghapus satu karakter ke kiri di Formula Bar.
Juga membersihkan isi sel yang aktif.
Dalam modus sel mengedit, akan menghapus karakter di kiri titik penyisipan.
DELETE Menghapus isi sel (data dan formula) dari sel yang dipilih tanpa mempengaruhi format sel atau komentar.
Dalam modus sel mengedit, akan menghapus karakter di kanan titik penyisipan.
END Pindah ke sel di sudut kanan bawah dari jendela saat gulir LOCK diaktifkan.
Juga memilih perintah terakhir pada menu saat menu atau submenu terlihat.
CTRL + END pindah ke sel terakhir pada lembar kerja, di baris paling bawah digunakan dari kolom paling kanan digunakan. Jika kursor berada di formula bar, CTRL + END memindahkan kursor ke akhir teks.
CTRL + SHIFT + END memperluas seleksi sel ke sel yang terakhir digunakan pada lembar kerja (sudut kanan bawah). Jika kursor berada di formula bar, CTRL + SHIFT + END memilih semua teks dalam bar formula dari posisi kursor ke akhir ini tidak mempengaruhi ketinggian formula bar.
ENTER Selesaikan entri sel dari sel atau Formula Bar, dan memilih sel di bawah ini (secara default).
Dalam bentuk data, bergerak ke kolom pertama dalam catatan berikutnya.
Membuka menu yang dipilih (tekan F10 untuk mengaktifkan menu bar) atau melakukan tindakan untuk sebuah perintah yang dipilih.
Dalam kotak dialog, ia melakukan tindakan untuk tombol perintah standar pada kotak dialog (tombol dengan garis tebal, sering tombol OK).
ALT + ENTER memulai sebuah baris baru dalam sel yang sama.
CTRL + ENTER mengisi kisaran sel yang dipilih dengan catatan yang aktif.
SHIFT + ENTER menyelesaikan entri sel dan memilih sel di atas.
ESC Membatalkan sebuah entri di sel atau Formula Bar.
Menutup menu atau submenu yang terbuka, kotak dialog, atau jendela pesan.
Hal ini juga menutup modus layar penuh saat mode ini telah diterapkan, dan kembali ke modus layar normal untuk menampilkan Ribbon dan bar status lagi.
HOME Pindah ke awal baris pada lembar kerja.
Pindah ke sel di sudut kiri atas jendela saat gulir LOCK diaktifkan.
Memilih perintah pertama pada menu saat menu atau submenu terlihat.
CTRL + HOME bergerak ke awal lembar kerja.
CTRL + SHIFT + HOME memperluas seleksi sel ke awal worksheet.
PAGE DOWN Pindah satu layar ke bawah pada lembar kerja.
ALT + PAGE DOWN bergerak satu layar ke kanan dalam lembar kerja.
CTRL + PAGE DOWN bergerak ke lembar berikutnya dalam buku latihan.
CTRL + SHIFT + PAGE DOWN memilih lembar saat ini dan berikutnya dalam buku latihan.
PAGE UP Pindah satu layar dalam lembar kerja.
ALT + PAGE UP bergerak satu layar ke kiri dalam lembar kerja.
CTRL + PAGE UP bergerak ke lembar sebelumnya dalam buku latihan.
CTRL + SHIFT + UP HALAMAN memilih lembar saat ini dan sebelumnya dalam buku latihan.
Spasi Dalam kotak dialog, melakukan tindakan untuk tombol yang dipilih, atau memilih atau membersihkan kotak cek.
CTRL + Spacebar memilih seluruh kolom dalam lembar kerja.
SHIFT + Spacebar memilih seluruh baris dalam sebuah lembar kerja.
CTRL + SHIFT + Spacebar memilih seluruh worksheet.
* Jika worksheet berisi data, CTRL + SHIFT + Spacebar memilih daerah saat ini. Menekan CTRL + SHIFT + Spacebar untuk kedua kalinya memilih wilayah saat ini dan ringkasan yang baris. Menekan CTRL + SHIFT + Spacebar untuk ketiga kalinya memilih seluruh worksheet.
* Bila objek yang dipilih, CTRL + SHIFT + Spacebar memilih semua objek pada lembar kerja.
ALT + Spacebar menampilkan menu kontrol untuk jendela Microsoft Office Excel.
TAB Pindah satu sel ke kanan dalam lembar kerja.
Bergerak antara membuka sel pada lembar kerja yang dilindungi.
Pindah ke opsi atau grup opsi berikutnya dalam kotak dialog.
SHIFT + TAB pindah ke sel sebelumnya dalam lembar kerja atau pilihan sebelumnya dalam kotak dialog.
CTRL + TAB beralih ke tab berikutnya dalam kotak dialog.
CTRL + SHIFT + TAB beralih ke tab sebelumnya dalam sebuah kotak dialog.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar